Wednesday 18 June 2014

Apa Itu Domain Authority dan Page Authority?

Apa Itu Domain Authority Dan Page Authority??? - Tahukah anda tentang Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)? Pasti anda banyak yang belum mengetahui apa itu DA dan apa itu PA? Dalam SEO, hal ini sangat penting, sebab dalam SEO kita tidak sekedar mengandalkan Page Rank (PR) dan Alexa untuk menjadi tolak ukur keeksisan suatu website / blog. Bahkan menurut pendapat para master SEO, DA dan PA ini lebih akurat dalam menilai seberapa eksis blog / website kita. Jadi, bagi kalian yang belum tahu, silahkan di simak informasi singkat dari saya :

Domain Authority (DA) adalah cara pandang mesin pencari terhadap nama domain / alamat URL yang kita miliki, istilah gampangnya adalah kasih sayang google terhadap website / blog kita, tentu akan ada salah satu atau salah dua yang di prioritaskan oleh google? yah!! lebih enaknya mungkin prioritas website / blog kita dihalaman pencarian. Semakin tinggi nilai DA website / blog kita itu berarti semakin disayang web / blog kita oleh mesin pencarian.

Biasanya para master SEO menggunakan ini untuk perbandingan antara website satu dengan website yang lainnya. Cara hitung DA sendiri tidak seperti Page Rank atau Alexa, karena katanya para master SEO, kalau PR dan Alexa masih dapat di manupulasi, sedangkan DA serta PA itu tidak bisa dimanipulasi.

Selain itu, DA juga lebih sulit untuk memberikan nilai website / blog kita karena penilaiannya tidak hanya dari satu hal, tapi ada berbagai hal yang berhubungan dalam memberi nilai untuk website / blog kita.

PA atau Site Authority (SA) merupakan mesin untuk mengukur seberapa kuat niche page / halaman website kita pada mesin pencarian (SERPs) yang diukur menggunakan skala 1-30.

Pada basicnya PA / SA mempunyai prinsip yang hampir sama dengan Google Page Rank, namun dengan perhitungan dan cara yang sedikit berbeda.

Jika di Google Page Rank menggunakan skala antara 0 - 10, maka berbeda dengan SA / PA yang menggunakan skala antara 1 - 30. Dan intinya lebih mudah meraih skor 1 - 10 ketimbang menaikkan skor dari 11 - 20 ataupun 21 - 30.

Tadi perbedaan skala penilaian, sekarang mengenai aspek, prinsip ataupun dasar dari penilaian tersebut.

Jika penilaian di Google Page Rank lebih mengarah pada korelasi Jumlah BackLink, Kualitas Konten (tidak copy paste) dan Umur Domain. Berbeda dengan PA / SA yang cara penilaian atau pemberian skornya hanya pada alur niche blog.

Maksudnya adalah, jika kita membuat website / blog yang mempunyai tema SEO, dan ingin mendapatkan Page Authority / Site Authority yang bagus, ya artikel yang kita buat haruslah tidak jauh dari Optimalisasi Mesin Pencari.

Atau dengan kata lain Page Authority / Site Authority merupakan Nilai yang diberikan untuk Niche Blog sedangkan Google Page Rank (PR) merupakan Nilai untuk Blog tersebut.

FAQ : Pengertian Page Authority / Site Authority
Lantas Apa Sih Fungsi atau Manfaat Page Authority / Site Authority ?

Yang pertama untuk diperhatikan membuat website / blog kita lebih kuat ketika dihadapkan pada site / blog “gado-gado” pada SERP (tentunya dengan keyword niche blog Anda). Kedua untuk meningkatkan Bouce Rate website / blog kita, kok bisa begitu? Ketika website / blog kita menyajikan informasi khusus contohnya Baju Batik, Nah misal website / Blog kita khusus membahas atau berniche Baju Batik, maka pengunjung yang sedang mencari tentang baju batik pasti akan menjelajahi Blog kita. Dengan begini sudah bisa dipastikan Bounce Rate kita akan meningkat dengan pesat.

Bagaimana Cara Untuk Mengetahui Skor Domain Authority dan Page Authority / Site Authority Pada Blog Kita ?

Mudah saja, Anda bisa langsung mengunjungi Website penyedia layanan Authority Checker, dan jika Anda tidak mau repot mencari di Google, Anda bisa langsung pergi ke Moz Open Site Explorer.

Sebenarnya, saya ada sedikit Tips Untuk Meningkatkan Page Authority / Site Authority walaupun Blog Anda memiliki Niche “gado-gado” yaitu dengan Cara memposisikan diri Anda sebagai pengunjung, dan tanyakan pertanyaan dibawah ini untuk diri Anda :

1. Apakah Blog ini pantas untuk di Bookmark ?
2. Apakah saya puas (mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat) saat saya membaca Artikel yang   ada di Blog ini ?
3. Bagaimana bahasa yang digunakan dalam menyampaikan Informasi ? terlalu bertele-tele atau langsung to the point ?
4.Apakah Blog ini diupdate secara rutin ? Jika iya saya akan kembali lagi nanti

Jika semua pertanyaan diatas mendapat jawaban “iya” maka sudah bisa dipastikan bahwa Blog kita sudah mendapatkan label sebagai Blog dengan Page Authority atau Site Authority Tinggi hehe.... sekian dulu yaa kawan nulis artikelnya capek banget nih mau tidur lagi hehehehe.... salam bravo ^_^

0 comments:

Post a Comment