Wednesday 18 June 2014

Apa sih Keyword??

Pengertian Keyword

Apa sih keyword itu? Mungkin dari sebagian orang sudah tahu apa itu keyword, namun bagi beberapa pemula belum tau apa itu keyword. Pengertian Keyword adalah sebuah kata kunci untuk menghasilkan pencarian berdasarkan yang diketik di kotak pencarian google. Contohnya Anda mengetik Jual baju gamis, maka google akan menampilkan pencarian berdasarkan kata kunci yang judul halamannya tentang "Jual baju gamis", seperti gambar dibawah ini.




Cara Mencari Keyword
Banyak di antara para pemula SEO bingung untuk menentukan keyword apa sih yang tepat buat blog / website nya?? Untuk mencari keyword yang tepat kita bisa melakukan riset terlebih dahulu dengan dibantu oleh Google Adwords. Masa sih google bisa membantu mencari keyword??? Mungkin sebagian orang pernah atau sempat bertanya tentang hal tersebut, Hayoo ngaku hehehe..... :p

Sebagian orang pasti bertanya-tanya tentang buat apa sih kita mencari keyword yang tepat?? Kenapa kita harus memberikan keyword pada judul ataupun isi artikelnya kita sih? Ok, Ok saya akan menjawabnya satu persatu tujuan kita mencari keyword adalah untuk mengetahui jumlah pencarian keyword yang dicari oleh pengunjung. Alasannya kenapa kita harus memberikan keyword pada judul ataupun isi artikelnya, penyebabnya supaya website / blog kita mendapatkan traffic pengunjung yang meningkat dari sebelumnya 

Tools Lain Mencari Keyword
Selain menggunakan Google Adwords untuk meriset keyword yang tepat kita juga bisa menggunakan beberapa tools lain diantaranya :
  1. Google Suggestion
  2. Google Related
  3. Yahoo Related Keyword
  4. Bing Related Keyword
  5. Search-one.de/tools/keywords/
  6. Youtube Keyword Tools
  7. SUMRUSH
Mencari Keyword Kompetisi Rendah
Untuk kita-kita yang masih pemula atau ingin belajar tentang SEO kita bisa mulai mencari keyword dengan kompetisi / pesaing rendah. Kenapa kok kita mulai yang rendah?? Supaya kita bisa tahu seberapa efektifnya sih website / blog kita setelah kita optimasi, atau bahkan belum ke index sama mesin pencarian sama sekali.

Langkah-langkah untuk mencari keyword dengan kompetisi rendah adalah sebagai berikut:
  1. Lihat di Title apakah di optimasi
  2. Lihat di URL apakah di optimasi juga
  3. Lihat di Meta Description apakah di optimasi juga
  4. Lihat Page Rank di hasil penelusuran google, jika banyak Page Rank 3 bahkan ada yang Page Rank 7, tinggalkan keyword tersebut.
  5. Lihat apakah ada situs wikipedia, youtube, situs-situs yang terkenal, kalau ada tinggalkan.
  6. Lihat backlink di hasil penelusuran google dengan SERP Attack
  7. Buka di halaman page 2, ganti start 10 menggunakan start 990 (kata para master).

Tools untuk melihat kompetisi Keyword
Tools apa aja sih yang digunakan untuk melihat kompetisi keyword?
  1. SERP Attack
  2. Market Samurai
  3. TrafficTravis
  4. SEO Quake
  5. Majestic SEO
  6. Ahrefs.com
Ciri Keyword Yang Potensial
Bagaimana sih cara melihat keyword yang potensial itu? 
1. Jumlah pencarian
    - Berapa banyak orang yang mencari keyword tersebut.
2. Kompetisi keywords
    - Siapakah yang menduduki ranking 1 sampai 3 (wikipedia, youtube, cnn) tinggalkan saja.
3. Jumlah keyword Buying
   - Berapa banyak orang mencari produk / jasa tersebut.

Keyword Stuffing
Apa sih keyword stuffing itu? Keyword Stuffing adalah keyword yang di ulang - ulang dalam mengelola kata didalam halaman website. Keyword stuffing ini tidak disukai oleh pengunjung dan juga tidak disukai oleh mesin pencarian khususnya Google.

Contoh keyword Stuffing
Mereka janjian akan ke tempat futsal, jika kamu peri ke tempat futsal maka adik kamu sendirian dirumah. Jika kamu pergi ke tempat futsal Ibu kamu juga akan sendirian maka ke tempat futsal bukanlah pilihan yang baik.

Dari contoh di atas ada banyak sekali pengulangan kata kunci yaitu "tempat futsal". Hal ini sangat lah mengganggu pengunjung dan robot google. Dan bisa menyebabkan niche page kita turun. Oke sampai segini dulu ya kawan bagi-bagi informasinya tentang keyword nya hehehe.... ^_^

0 comments:

Post a Comment