Wednesday 15 October 2014

Apa itu Google Dance??


Apa itu Google Dance??

Kok kayak si mbah google lagi dancing aja yaa? Tuh namanya Google Dance hehehe...... :p
Baiklah disini saya akan menjelaskan apa itu Google Dance. Istilah Google Dance ini sering digunakan untuk menggambarkan update indeks dari mesin pencari mbah Google. Pembaharuan indeks mbah Google ini biasanya terjadi rata-rata sekali per bulan. Hal ini dapat di identifikasi oleh gerakan signifikan dalam hasil pencarian dan terutama oleh Google cache dari semua halaman yang di indeks mencerminkan status terakhir di spider sama mbah Google.


Dan saat ini menjadi trend hangat-hangatnya dampak Google Dance di kalangan para blogger, tidak hanya di indonesia saja diluar pun juga sama. Anehnya, setelah di cek di Webmaster Tools tidak ada pelanggaran apapun dari Blognya. Hal ini saya alami sendiri dengan 2 website saya barusan saya build kurang lebih 19 hari dan terakhir di halaman 2 dan 3 di google.com dan google.co.id dan sekarang malah menghilang dari peredaran.

Lucunya, walau Google secara resmi tidak memberitahu tentang apa yang terjadi terhadap perubahan algoritma. Banyak orang ahli "Para Master SEO" mengatakan ini adalah dampak dari Google Dance.

Faktanya Google Dance adalah algoritma kuno yang sudah terjadi pada tahun 2003 tepatnya di bulan Februari. Kenapa dinamakan Google Dance? Karena Google hanya ingin menyegarkan Search Engine dengan "tarian" bukan berarti pemilik Google pada menari semua loh yaa. Yang saya maksudkan tarian disini adalah blog dengan konten yang tidak unik akan otomatis tersingkir dan tentunya akan berdampak pada penurunan pengunjung.

Apa Google saat ini menggunakan algoritma lama untuk memberantas "blog spam" ? bisa jadi sih, sebab di tahun ini banyak sekali Kontes SEO yang di adakan sehingga banyak yang di anggap blog spam sama mbah Google. Tapi jika ditelusuri lebih dalam, sebenarnya ini bukan hanya tentang Google Dance tapi lebih ke Google Algoritma baru yang Dance.

Untuk mengatasi Algoritma tersebut, tentunya kita harus mengetahui sasaran dari kedua algoritma tersebut.

Cara Mengatasi Google Dance
Tidak perlu pusing dengan algoritma yang satu ini, seperti yang saya bilang diatas tadi. Kita cukup mengetahui sasaran yang di tuju oleh si dancer. Menurut info yang saya baca di moz.com, Blog yang menjadi target adalah blog dengan Keyword Density (KD) lebih dari 5% atau sering disebut Over (KD) karena normalnya adalah berada di kisaran 2-3%.

Dan dampaknya blog atau website kita akan hilang dari SERP. untuk mengatasi hal ini sebenarnya mudah saja jika kalian ada niat. Yaitu dengan cara mengkalkulasikan setiap artikel anda dengan rumus seperti ini:

Dari situ kita akan mendapatkan hasilnya jika lebih dari 5%, sebaiknya kurangi / hapus kata kunci tersebut agar blog anda kembali terbebas dari Google Dance.

Dengan kata lain bagaimana kualitas dari blog kita dan jangan terlalu berlebihan optimasi dan SEO nya blog atau website kita. Jadi ayo semangat untuk blogging dan jangan di pikirkan si mbah Google Dance, atau kalian bisa konsul langsung di mbah google --> http://answers.google.com/answer/

Ya sudah cukup sekian saya berbagi pengalaman tentang Google Dance yang kebetulan mengenai pada website perusahaan saya sendiri yang baru saya create hanya 19 hari sudah kena dampak Google Dance. hehehe..... :p

2 comments:

  1. artikelnya kuno ya mas . . . http://answers.google.com/answer/ sudah ndak nerima komen lagi lhooo. . jadi kita ndak bisa berdiskusi . . artikel disana sudah usang semua . . . . liat di product google aja . . . lebih up2date

    #PEACE

    nb:/
    We're sorry, but Google Answers has been retired, and is no longer accepting new questions.
    Search or browse the existing Google Answers index by using the search box above or the category links below.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ckckckck...... :v :v kan kalau gbisa buka disitu kan bisa langsung tanya ke mbah google nya yg penting kan share tentang penjelasannya google dance :p

      Delete